BAB
9
ETIKA, STRATEGI BERKELANJUTAN DAN TANGGUNG
JAWAB
PERUSAHAAN TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL
Kasus
Perusahaan Ikea
L
O 1, LO 4
1.
Ikea
secara luas dikenal karena komitmennya
pada etika bisnis dan kelestarian
lingkungan. Setelah meninjau
tentang ikea bagian
dengan menyiapkan 10 (sepuluh) daftar kebijakan dan program khusus yang membantu perusahaan dalam mencapai
visinya untuk menciptakan kehidupan sehari-hari baik
untuk poeple di
seluruh dunia.
Jawab
:
SEJARAH PERUSAHAAN IKEA
Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd.ola.
Awalnya, IKEA menjual berbagai barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan. Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai merancang sendiri pada 1955.Penjualan pada mulanya dilakukan melalui pos dan kemudian sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo, Norwegia.
Sejak tahun 1997, Ikea telah meningkatkan jumlah toko menjadi 51. Perusahaan ini terdiri dari 165 toko pada bulan Agustus 2003, dan ada rencana untuk membuka 16 toko baru di 2004 dan 2005. Namun, meskipun perusahaan membuka 14 toko baru pada tahun 2003, pertumbuhan penjualan hanya 2,7%, terutama sebagai akibat dari kondisi ekonomi tertekan di seluruh Eropa, wilayah inti bisnis perusahaan. (Pasar Database Informasi Global, 2004).
Dengan demikian, jelas bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja pada tingkat yang signifikan, hanya membuka toko baru saja tidak cukup. Sebaliknya, Ikea harus menilai lingkungan eksternal dan kompetitif, dengan menentukan kesempatan dan ancaman kunci yang IKEA hadapi, dan menyelaraskan kekuatan dan kelemahan terbaik untuk melawan pasar konsumen lemah. Dengan pertumbuhan yang kuat IKEA menjadi merek yang kuat dan kehadiran diterima di pasar terpilihnya (Johnson, Scholes dan Whittington, 2005).
MENGENAL PRODUKSI IKEA
Bisnis Ikea tumbuh dari kekuatan ke kekuatan sejak Kamprad mengambil keputusan untuk mentransfer kepemilikan bisnis untuk Stichting Ingka. Sejak saat itu perusahaan telah beralih dari menjual ikan, benih sayuran dan majalah, seperti yang terjadi pada tahun 1943 menjadi alat rumah tangga perabot lainnya, termasuk makan, bantal, pencahayaan dan karpet. Di dalam sejumlah toko juga menyediakan restoran dan kafe. Tahun terakhir IKEA telah menunjukkan penurunan dalam pertumbuhan penjualan. Sebuah penurunan dalam kondisi ekonomi di pasar inti Eropa perusahaan telah memainkan peran yang cukup besar dalam deselerasi. Faktor kunci dalam perlambatan adalah mungkin kurangnya arah strategis. Dikendalikan oleh Ikea dari Swedia, strategi pemasaran diatur di seluruh dunia dengan sedikit variasi dan mungkin ini menjadi faktor dalam penurunan pertumbuhan penjualan baru-baru ini.
Namun, perbaikan dalam iklim ekonomi di Eropa dan niat perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya kuat di Cina, Jepang dan Rusia dapat menyebabkan peningkatan dalam kinerjanya. Sifat yang dikembangkan dari pasar Jepang menawarkan potensial jangka pendek potensial, dengan pola belanja yang kebarat-baratan, meskipun Rusia dan Cina menawarkan potensial jangka menengah dengan daya beli meningkat, itu tetap relatif rendah. Namun, untuk menghasilkan kemajuan dalam kinerja, Ikea harus hati-hati menganalisa dan mempertimbangkan isu-isu kunci dalam lingkungan eksternal dan bertindak sesuai.
ALASAN-ALASAN IKEA MASUK INDONESIA
·
Memperluas jaringan
usaha di benua Asia khususnya Asia Tenggara. Saat ini IKEA
sudah memiliki jaringan usaha di Malasyia dan Singapura dan IKEA ingin
melakukan ekspansi usaha di Indonesia untuk perluas pangsa pasarnya, dengan
begitu IKEA memiki jaringan usaha cukup luas di Asia Tenggara.
·
Karena
Indonesia telah menjadi negara pasar global.
Bisnis
internasional pun tidak bisa dihindari lagi karena Indonesia telah menjadi
negara pasar global, sehingga Indonesia pun tak luput menjadi sasaran
perusahaan asing.
TANTANGAN-TANTANGAN IKEA MASUK INDONESIA
· Perlu usaha
khusus untuk menciptakan kepercayaan terhadap produk IKEA di Indonesia. Perlu
usaha khusus agar penduduk Indonesia percaya pada produk-produk dari IKEA,
karena di Indonesia sendiri sudah ada produk lokal yang menguasai pasar
Indonesia.
· Srategi
pemasaran disesuaikan dengan karakteristik penduduk Indonesia. Beda negara beda
juga karakteristik dan budayanya, untuk itu IKEA harus menyesuaikan strategi
pemasaran dengan karakteristik dan budaya dari penduduk Indonesia agar tujuan
dari pemasaran itu tercapai.
KONSEP IKEA
IKEA ditemukan pada sebuah perusahaan
furniture dengan harga jual yang sangat rendah. IKEA mempunyai jangkauan pasar yang
sangat luas di seluruh dunia. Baik itu di Negara berkembang maupun di Negara
maju, dengan konsep penawaran menjual barang furniture dengan harga jual sangat
rendah. IKEA adalah perusahaan furnitur kreatif dengan omset $ 10
miliar yang berbasis di Swedia. Dengan lebih dari 230 toko di 23 negara. IKEA adalah salah satu perusahaan retail yang didirikan oleh Ingvar
Kamprad, yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia, pada
tahun 1943 saat ia berusia 17 tahun.Kesuksesannya digambarkan dengan gaya penjualan “ambisi sosial”
Konsumen akan terkagum-kagum dan sangat excited dengan banyaknya jenis furnitur
dengan harga yang terjangkau. Mulai dari meja, kursi, tempat tidur, lemari,
peralatan dapur, kamar mandi, perabot anak, dan masih banyak lagi yang
lainnya..
Bentuk plant layout IKEA kebanyakan adalah balok biru besar,
didalamnya juga diatur sedemikian rupa sehingga pelanggan betah untuk
berbelanja disana. IKEA terkenal dengan design-nya yang unik dan modern namun
dengan harga yang terjangkau. tanpa mengurangi kualitas barang.
ANALISIS SWOT PERUSAHAAN IKEA
Kekuatan utama Ikea adalah pengakuan merek internasional yang kuat
dibangun di atas filsafat yang unik dan harga produk rendah, dikombinasikan
dengan kinerja penjualan yang solid sejak 1997. Perusahaan ini juga
mempertahankan kontrol total, harga desain dan pasokan rentang produk secara
global, dan tentunya memiliki portofolio produk yang dapat memenuhi kebutuhan
untuk gaya hidup konsumen. Kelemahan utama perusahaan adalah kenyataan bahwa
sangat banyak bergantung pada Eropa, dengan 82% dari toko yang terletak di
wilayah ini, dan telah mengalami kesulitan dalam memenuhi harapan pelanggan mengenai
layanan maupun harga, terutama terjadi di Inggris di mana antrian besar di
akhir pekan adalah fitur umum.
KEKUATAN
·
Produk IKEA
dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu
prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi
kualitas. Hal ini bisa dilihat di toko-toko IKEA dan di katalognya dalam bentuk
pertanyaan seperti "Mengapa IKEA menjualnya tanpa dirakit?" atau
"Mengapa IKEA membuat sesuatu dalam jumlah besar?"
·
Toko IKEA
kebanyakan berbentuk balok biru yang besar dengan jendela yang minim.
Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan
masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian ke
market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot
yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan
pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas
yang agak kecil. Biasanya, toko terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer
(show room) dan market-hall di atas dan gudang di bawah. Selain itu di IKEA
store sendiri terdapat pula restoran yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso
Swedia yang khas.
·
IKEA memiliki
merek yang dikenal secara internasional yang kuat menarik kelompok kunci
pelanggan demografis.
·
Model bisnis
IKEA adalah unik dalam konstruksi dan eksekusi dengan kompetisi langsung.
·
Sukses telah
diukir dari nilai harga arsitektur menawarkan kepada pelanggan produk-produk
inovatif dan fungsional.
KELEMAHAN
Sementara merek
internasional ada tingkat ketergantungan pada pasar Eropa dengan 90% dari toko
yang berbasis di Eropa dan sisanya di seluruh Amerika, Timur Tengah dan Asia.
Walaupun modelnya mempromosikan harga rendah telah diidentifikasi
ada tingkat rendah terkait layanan pelanggan, ini menunjukkan ada kebutuhan
untuk bekerja pada pelayanan untuk memastikan pengalaman belanja yang lengkap
dan memastikan bisnis yang berulang dalam basis pelanggan.
Sebagai reaksi terhadap pergerakan pasar pengembangan E-commerce
telah diperlukan untuk bersaing dalam dunia teknologi modern namun ada juga
menjadi pertimbangan gerakan ke ritel multi-channel bergerak menjauh dari visi
mendasar dari pelanggan bisa melihat dan menyentuh produk.
PELUANG
IKEA bergerak dari International untuk status global melalui
pengembangan model Asia dan Eropa Timur.
Produk tradisional untuk IKEA telah memiliki nilai di benak
konsumen, harga produk volume rendah tinggi namun pada perjalanannya ke pertengahan dan titik harga yang lebih
tinggi akan melihat kesempatan untuk memindahkan pangkalan demografi dan
meningkatkan nilai rata-rata dengan keranjang ketergantungan kurang pada
kelompok demografis yang terbatas.
Meskipun terdapat asosiasi-asosiasi negatif dalam pengembangan
situs E-commerce IKEA ada peluang terkait untuk mencapai pertumbuhan dan
meningkatkan tingkat layanan pelanggan sebagai kemampuan transaksional tambahan
akan mengurangi tekanan dari toko untuk tingkat tertentu.
ANCAMAN
Dalam pertumbuhan pasar ritel yang kompetitif
pengecer utama mulai mencerminkan model nilai biaya furnitur rendah dikemas
datar yang akan berdampak pada daya apung dari IKEA.
Dengan kekhawatiran ekonomi selama disposable
income meningkatnya biaya hidup dan depleting ada ancaman secara keseluruhan
kinerja bisnis di Inggris dan pasar Amerika secara khusus.
STRATEGI PERUSAHAAN IKEA
Pada Juli 2001, Ikea mengumumkan penandatanganan perjanjian dengan
Musicmusicmusic inc, penyedia konten musik terkemuka., Untuk pengenalan Layanan
Suara Industri (ISS) ke toko Ikea baru di Toronto. Layanan ini terdiri dari sistem 12-zona
strategis terletak di seluruh berbagai departemen dan kantor bangunan, dengan
tujuannya adalah untuk memastikan bahwa toko terus dan memotivasi pelanggan,
serta mendorong staf. Ikea juga saat ini
memiliki perjanjian SEK3 juta dengan Nocom AB untuk penyediaan produk akses server
dan layanan untuk platform standar Ikea itu.
Perjanjian tersebut juga mencakup pemeliharaan dan dukungan dan berlaku
untuk penggunaannya dalam organisasi Ikea global, memungkinkan perusahaan untuk
cepat tumbuh dan berkembang penawaran online dalam rangka untuk melawan salah
satu isu kunci dalam lingkungan kompetitif: langkah ke arah ritel online
Aktivitas
perusahaan ada dua
a. Aktivitas utama meliputi kegiatan logistik,
pabrikasi/operasional, pemasaran dan penjualan dan pelayanan pelanggan.
b.
Aktivitas pendukung meliputi infrastruktur perusahaan, manajemen sumber
daya manusia, pengembangan teknologi.
Manajer harus dapat meneliti kebudayaan, situasi politik dan
kenegaraan, serta lingkungan ekonomi.
Dalam mendirikan suatu
perusahaan perlu dilakukan suatu perencanaan & strategi kemudian dibuat
SWOT nya. Mengidentifikasikan tujuan dan misi perusahaan. Pada tingkat bisnis
ada 3 strategi yang dilakukan : low cost, differentiation, dan focus strategi.
Para Manajer sering mengalami kesulitan dalam merumuskan strategi
Internasional yaitu pada tingkat korporasi, unit bisnis, dan Departemen.
Manajer Internasional harus mampu mengidentifikasikan misi perusahaan mereka
dan bagaimana tujuan perusahaan itu akan dicapai. Manajer harus dapat meneliti
operasional perusahaan mereka dengan mengamati seluruh rangkaian aktivitas yang
menciptakan nilai tambah bagi pelanggan (analisa rantai nilai). Proses ini yang
harus dihadapi oleh manajer sehingga mereka dapat mengidentifikasi dan
menerapkan strategi yang cocok yang sesuai dengan kemampuan perusahaan mereka.
Strategi yang dilakukan oleh manajer selanjutnya adalah dalam memilih dan
menentukan struktur organisasi perusahaan. Lingkungan bisnis nasional dapat
mempengaruhi keputusan struktur dan strategi manajer, yang mencakup analisa
perubahan produk (standardisasi melawan adaptasi), penempatan fasiitas
(sentralisasi melawan desentralisasi produksi), dan seperti apa strategi
pengambilan keputusan yang diterapkan (sentralisasi melawan desentralisasi
pengambilan keputusan).
Para manajer dapat memilih strategi apa yang akan dilaksanakan dan
bagaimana menentukan segmen pasar di mana perusahaan akan bersaing, dan apakah
kegiatan itu membutuhkan biaya yang lebih murah dalam penggunaan dana untuk
kebutuhan para manajer dan apakah industri mereka jika memberlakukan
diferensiasi produk dapat lebih bersaing dan berhasil jika lebih menekankan
pada strategi harga tinggi. Akan banyak dampak yang timbul jika perusahaan
berniat untuk memasuki pasar internasional, baik itu dari sisi memperkerjakan
sumber daya manusianya, dan mengatur produksi sehari-harinya, sisi
pemasarannya, maupun sisi operasional lainnya.
Proses mengidentifikasi dan memilih sasaran serta memutuskan yang
terbaik bagi organisasi dan bagaimana organisasi akan mampu mencapai sasaran
itu, ini disebut dengan perencanaan. Sedangkan, strategi adalah kesatuan
tindakan yang direncanakan dan diambil oleh manajer untuk membantu perusahaan
menemukan sasarannya.
Ada 2
langkah analisa dan identifikasi pada proses perumusan strategi:
a. Mengidentifikasi tujuan dan misi perusahaan
, misi adalah pernyataan yang ditulis tentang mengapa suatu perusahaan ada dan
apa yang mereka rencanakan untuk memenuhi tujuan itu.
b. Mengidentifikasi kemampuan inti perusahaan
dan nilai tambah yang akan mereka lakukan untuk menciptakan aktivitas.
Kemampuan inti adalah kemampuan khusus dari
perusahaan yang sulit ditemukan pesaing dan sulit ditiru oleh pesaing.
STRATEGI PERUSAHAAN IKEA
1. Produk
Produk
IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah
satu prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi
kualitas.
2.
Toko
Toko IKEA kebanyakan berbentuk balok biru yang besar dengan jendela
yang minim. Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung
datang dan masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian
ke market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil
perabot yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat
mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai
jalan pintas yang agak kecil.
Biasanya,
toko terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di
atas dan gudang di bawah. Selain itu di IKEA store sendiri terdapat pula
restoran yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.
3.
Mengubah Markas
Sampai September 2001, perusahaan ini berkantor pusat di Denmark
tetapi karena masalah seperti koneksi penerbangan miskin, keputusan dibuat
untuk pindah Grup manajemen, keuangan dan departemen treasury ke Leiden di
Belanda dan seluruh departemen kantor pusat ke Swedia. Pindah ke Belanda dibenarkan sebagai
perusahaan induk Ikea itu sudah memiliki kantor terdaftar di Belanda karena
kebijakan pemerintah yang menguntungkan yang menguntungkan perusahaan atas dan
di atas negara lain di Eropa, dan Swedia adalah dimana perusahaan berasal. Swedia juga memainkan peran penting dalam strategi
pemasaran Ikea itu. Strategi Ikea telah
membangun reputasinya melalui di-rumah desain furnitur murah, dan sudah
termasuk pembentukan operasi distribusi dan manufaktur untuk melengkapi bisnis
ritel. Pergeseran strategi perusahaan
telah, untuk sebagian besar, terbukti sangat sukses dan menguntungkan, dan
telah memungkinkan perusahaan untuk lebih menyelaraskan diri pada isu-isu di
pasar utama di daratan Eropa dan Skandinavia.
4.
Harga Rendah
harga rendah tidak menarik kecuali itu merupakan nilai terbaik
untuk uang. Di sinilah IKEA mampu membuat perbedaan nyata. IKEA berkomitmen
untuk memiliki hubungan baik dengan pemasok dan dapat membeli quaility baik,
desain ekonomis diproduksi yang dibeli dalam jumlah besar untuk menjaga harga
turun. Dengan demikian hal ini dapat mengurangi biaya transportasi dan
perakitan.
5. Fungsi
Produk IKEA
didasarkan pada pendekatan fungsional untuk desain. IKEA desain berarti produk
yang menarik, praktis dan mudah digunakan. Mereka tidak memiliki fitur yang
tidak perlu, mereka memberikan solusi asli untuk kebutuhan home furnishing
khusus dan terbuat dari bahan yang paling cocok untuk tujuan mereka.
6.
Kualitas Yang Tepat
Kualitas produk harus sesuai untuk penggunaan yang dimaksudkan.
Misalnya tidak ada kebutuhan untuk panel belakang mahal di rak buku jika
alternatif yang lebih murah melakukan pekerjaan yang baik yang selama rak buku
digunakan untuk tujuan itu dimaksudkan untuk. Produk IKEA dikenakan tes ketat
untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar keselamatan nasional dan
internasional.
7. Nyaman Belanja
Toko IKEA menawarkan "segala sesuatu di bawah satu atap",
sebagian besar tersedia untuk segera dibawa pulang. IKEA menawarkan layanan di
mana Anda membutuhkannya, tetapi memungkinkan pelanggan untuk membuat sebagian
besar keputusan sendiri. Ini berarti bahwa kita harus membuatnya mudah untuk
memilih produk yang tepat dengan menampilkan mereka dengan benar, menggambarkan
mereka secara akurat dan memiliki kebijakan pengembalian sederhana.
8. Hari
keluar untuk seluruh keluarga
IKEA tujuan untuk menjaga pelanggan kami dengan perencanaan untuk
kebutuhan mereka. Kita tidak hanya memberikan inspirasi dan ide, tapi kami juga
mendorong orang untuk menyentuh, merasakan dan menggunakan produk yang
dipamerkan untuk melihat bagaimana mereka akan masuk ke dalam rumah mereka
sendiri. Kami memiliki produk baru tiba sepanjang waktu, tema musiman, area
bermain untuk anak-anak, acara khusus dan restoran nilai besar keluarga.
9.
Swedia IKEA
IKEA kunci pesan semua memiliki akar dalam asal Swedia IKEA.
Furnitur Swedia ringan dan segar namun bersahaja. Gaya Swedia menyambut hangat
telah menjadi model kesederhanaan, kepraktisan, dan informalitas yang sekarang
terkenal dunia.
10.
Merek Penelitian
Untuk tetap di garis depan perubahan pasar kita perlu penelitian
sebanyak pada pelanggan, sektor home furnishing dan pesaing kami, mungkin. Berbagai bidang riset pasar, laporan dan
statistik internal dan eksternal dipertimbangkan ketika merencanakan setiap
komunikasi atau kampanye pemasaran.
11. Inggris departemen pemasaran
IKEA iklan di
Inggris ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan merek IKEA dan
mengarahkan lalu lintas ke toko.
Beberapa orang menyukai gaya kami yang unik dari iklan ritel, beberapa
membencinya, tapi semua orang yang melihat iklan kami memiliki pendapat yang
kuat dan kemudian itu menimbulkan percakapan dan perdebatan. Meskipun memiliki beberapa kampanye televisi
yang paling controvertial iklan di Inggris, kami telah meningkatkan kesadaran
merek kami, biarkan orang tahu kita beda dengan perusahaan home furnishing
lainnya dan penjualan yang paling penting meningkat. Departemen periklanan mencakup semua aspek
dari iklan dan komunikasi merek dari iklan televisi dan sponsor untuk promosi
majalah dan radio. Iklan digunakan untuk
mendukung berbagai bidang usaha termasuk kesadaran merek, tema toko, tetes
katalog dan pembukaan toko.
12.
Ruang Majalah
Ini adalah majalah IKEA Eropa yang
tersedia di semua toko di Eropa. Hal ini
juga dikirimkan kepada 150.000 Depan pemegang Kartu IKEA di Inggris. Ini berisi fitur gaya hidup pada pelanggan
IKEA dan bagaimana mereka hidup, berita produk, dan tips dan ide untuk
rumah. Demikian pula untuk katalog, ini
diproduksi terpusat, tetapi setiap negara memiliki kontrol dari jumlah halaman
untuk berkomunikasi negara mereka pesan tertentu.
13.
IKEA Pelayanan Makanan
Restoran IKEA yang penting dalam menyediakan pelanggan kami tempat
untuk makan dan bersantai sambil berbelanja.
Ada 3 konsep yang berbeda menawarkan makanan di IKEA toko di Inggris
saat ini. Restoran utama melayani
makanan berdasarkan warisan Swedia kami, dengan hidangan tradisional seperti
Gravadlax dan bakso dengan nikmat Lingonberry.
Ada juga daerah bistro yang menjual makanan ringan lokal seperti; hot
dog di Inggris, baguette di Perancis, dan pizza di Italia. IKEA Swedia pasar
pangan juga di setiap toko dan mendorong pelanggan untuk membawa pulang rasa
Swedia. Beragam makanan tradisional
Swedia membantu pelanggan memahami asal Swedia kami dan juga hidup sampai janji
harga murah kami.
14.
Internet
IKEA.com adalah situs global di mana Anda memiliki gambaran tentang
IKEA sebagai sebuah perusahaan. Dari
situs global adalah mungkin untuk mengakses semua situs lokal. Salah satu tugas utama dari internet adalah
untuk menampilkan informasi produk dan ketersediaan yang diperbarui
terus-menerus. Latar belakang informasi
tentang perusahaan dan menyimpan informasi juga penting. Setiap toko juga memiliki ruang mereka
sendiri dengan rincian kontak dan arah, peristiwa, penawaran khusus dan
informasi lokal.
15.
Komunikasi dan desain interior
Com-in adalah "unik" sumber daya yang bekerja
secara aktif untuk mengamankan keunggulan kompetitif kami melalui pengembangan
konsep IKEA ritel dan toko sebagai media.
Semua Com-spesialis yang baik dari latar belakang desain interior atau
visual merchandising, dan bertanggung jawab untuk presentasi atau produk kami
menawarkan menggunakan semua media presentasi kisaran saat ini dan teknik. Komite, di departemen memberikan inspirasi
toko dan vitalitas dan bekerja sama dengan penjualan toko dan tim logictics
untuk memastikan pelanggan kami selalu melihat sesuatu yang baru dan menarik,
dan ingin kembali lagi dan lagi.
16.
Hubungan masyarakat
Perhatian utama dari fungsi ini
adalah untuk melindungi identitas IKEA perusahaan tetapi juga untuk
berkomunikasi visi, ide bisnis, nilai merek, konsep dan merek dagang. Dengan menginformasikan wartawan berita dan
informasi dalam IKEA melalui siaran pers, informasi website, distribusi katalog
dan peluncuran produk, kami dapat berkomunikasi dengan khalayak yang besar
melalui pembaca mereka.
17.
Strategi Pemasaran
Sukses Ikea didasarkan pada strategi pemasaran
utama yang tetap sama di seluruh dunia, yang meliputi sebuah katalog yang
dicetak dalam 17 bahasa, untuk 28 negara, dan penggunaan warna-warna bendera
Swedia biru dan kuning di logo Ikea. Ini
dikombinasikan dengan penekanan pada kebebasan dan pilihan pelanggan dalam hal
membeli dan mengambil produk rumah, dan harga murah dimaksudkan untuk
menciptakan "penjualan" mentalitas di kalangan pelanggan.
Strategi
harga yang agresif ditambah, dengan katering jajaran produk yang luas untuk
setiap gaya hidup potensial dan tahap kehidupan konsumen, terbaik dapat
meringkas resep perusahaan untuk sukses.
Fakta bahwa Ikea menargetkan semua kelompok umur dan rumah tangga
membuat sebuah proposisi menarik bagi spektrum yang luas dari konsumen
domestik, khususnya di kalangan pasar ritel tertekan, seperti Eropa saat ini.
KESIMPULAN
Sebuah perkembangan yang mantap dari bisnis ritel Ikea tampaknya
menjadi fokus bagi perusahaan dalam waktu dekat, dengan strategi tidak mungkin
untuk memasukkan ekspansi yang agresif ke wilayah baru, melainkan membangun dan
mengembangkan di tua. (Ikea Inggris,
2005) Namun, beberapa perubahan dapat dilihat dengan perkembangan e-commerce,
yang dalam jangka panjang, hal ini mungkin memiliki efek merugikan pada
pendapatan dari batu bata dan mortir toko Ikea, tetapi efek positif pada omset
untuk perusahaan secara keseluruhan, dan dengan demikian adalah contoh utama
bagaimana perusahaan menyelaraskan sendiri untuk mengatasi ancaman kunci untuk
toko tradisional. Konsumen mungkin
menemukan belanja internet lebih baik, karena reputasi Ikea berarti bahwa
mereka sudah yakin akan kualitas dan pengerjaan dari Ikea produk, yang
bertentangan dengan keyakinan sekarang dari Ikea bahwa pelanggan harus bisa
merasakan dan memeriksa kualitas produk sebelum membeli .
Ikea juga telah menerapkan strategi
ekspansi berbasis agresif selama beberapa tahun terakhir, meskipun kelemahan
pasar konsumen eksternal berarti bahwa pertumbuhan penjualan selama beberapa
tahun berikutnya harus tetap relatif sederhana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar