Jumat, 05 Juli 2013

MANAJEMEN STRATEGIS



BAB 10
PELAKSANAAN STRATEGI YANG BAIK YANG DAPAT
MEMBANGUN SEBUAH ORGANISASI

PERUSAHAAN L’OREAL
LO 2, LO 3

1.        Bagian ini memberikan informasi yang luas tentang pengembangan pribadi, peluang belajar  secara internasional, integrasi karyawan baru ke dalam tim, pengembangan manajemen. Bagaimana program dibahas membantu L'Oreal membangun kompetensi inti dan kemampuan kompetitif?, tentang perekrutan, pelatihan dan mempertahankan karyawan mampu dan membangun kompetensi inti dan kemampuan kompetitif.

Jawab :

1.        SEJARAH PERUSAHAAN

L'Oréal Group merupakan perusahaan kosmetik dan kecantikan terbesar di dunia. Perusahaan ini bermarkas di Clichy, Perancis. Didirikan pada tahun 1909. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk kosmetik dan  mempekerjakan 68.900 pekerja.
Eugène Paul Louis Schueller (20 Maret 1881 Paris – 23 Agustus 1957) adalah pendiri L’Oréal, perusahaan terkemuka dunia dalam kosmetik dan kecantikan.
Sebagai seorang ahli kimia Perancis muda dan lulusan Institut de Chimie Appliquée de Paris (sekarang Chimie ParisTech) pada tahnu 1904, Eugene Schueller mengembangkan perusahaan yang sekarang dikenal dengan L’Oréal pada tahun 1907. L’Oréal adalah formula rambut-warna yang inovatif. Ia menyebutnya dengan Oréale dye.
Pada tahun 1909, ia terdaftar perusahaannya, “Société Française de Teintures Inoffensives pour Cheveux”, sebuah perusahaan yang dimasa depan dikenal dengan L’Oréal. Schueller wafat pada 1957. Anak tunggalnya, Liliane Betencourt, mewarisi sebagian  besar kekayaannya. Di Usianya yang 80 tahun dia ditaksir memiliki kekayaan 20,7 miliar dolar AS dan 27,5 persen saham di imperium L’Oréal.
Setelah dua tahun mengadakan eksperimen lebih jauh, dia meninggalkan pekerjaan hariannya sebagai ahli kimia dan mendirikan French Harmless Hair Color Co. Dengan 800 frank Perancis, atau sekitar 120 dolar AS. Pada tahun 1911, dia mngubah nama perusahaannya menjadi L’Oréal. Tahun berikutnya produknya mulai dijual seantero Eropa dan melalui agen dan konsinyasi, L’Oréal mulai mencatat dan melebarkan sayap penjualannya ke AS, Amerila Latin, Rusia, dan Asia. Pada tahun 1920, permintaan begitu besar sampai Schnueller memperkerjakan 3 ahli kimia.
Saat ini, di abad 21, perusahaan bernilai 55 Milyar dolar AS ini memiliki para Ilmuwan yang mencatat 500 paten baru setiap tahun. L’Oréal memiliki penualan tahunan sebesar 21,2 milyar dolar AS pada 2006 dan produknya kini dijual di 130 negara.

2.      KEUNGGULAN DARI PERUSAHAAN L’OREAL
L'Oréal merupakan salah satu perusahaan yang berkelanjutan di dunia dan termasuk dalam daftar perusahaan yang menjadi tolak ukur global atas standar perusahaan yang bertanggung jawab.
Informasi yang dapat diberikan dari bisnis  L’Oreal adalah sebagai berikut :
  • Grup kosmetika no 1 di dunia
  • Seabad keahlian di bidang kosmetika
  • 20,3 milyar Euro penjualan gabungan di tahun 2011
  • 27 brand global (Penjualan tahunan brand-brand ini melebihi 50 juta euro)
  • 130 negara
  • 68.900 karyawan
  • 613 paten didaftarkan di tahun 2011.
L’Oréal dan keuangan
L’Oréal menghasilkan penjualan sebesar 20,3 milyar Euro di tahun 2011 dan investasi kami pada aset berwujud dan tidak berwujud adalah sebesar 628 juta euro. Biaya pengadaan kami di seluruh dunia adalah sekitar 1 milyar Euro setahun.

L’Oréal sebagai tempat bekerja.
Keselamatan dan kesejahteraan karyawan adalah yang terpenting. Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja dimana bakat dapat terus berkembang, dan karyawan dapat menjadi bagian dari komunitas yang terus terpacu, beragam dan multikultural. L’Oréal dan lingkungan. Walaupun dampak L'Oréal terhadap lingkungan relatif rendah, kami berkomitmen untuk menguranginya lebih lanjut melalui program ambisius yang bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca, konsumsi air dan limbah. Komitmen kamipun tidak sebatas mengurangi dampak. Secara aktif, kami senantiasi mempromosikan pentingnya pemeliharaan lingkungan, dan berusaha menyeimbangkan antara penggunaan bahan baku alami dan buatan (kimia) dalam mengembangkan formula baru.

L’Oréal di masyarakat.
L'Oréal percaya bahwa dalam memenuhi kebutuhan kecantikan masyarakat kami dapat berkontribusi dalam hal kesejahteraan dan kepercayaan diri. Melalui L’Oréal Corporate Foundation, kami menggali cara untuk meningkatkan lebih jauh lagi kontribusi positif sosial kami, dan menginvestasikan anggaran multi-tahunan sebesar 40 juta Euro bagi program-program yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di seluruh dunia.

Pengembangan Berkelanjutan                                     
L'Oréal terus memastikan pengembangan produk kecantikannya dilakukan tanpa sedikitpun mengesampingkan pemeliharaan keindahan planet ini. Visi kami adalah pertumbuhan yang berkelanjutan, didukung oleh nilai-nilai dan etika utama kami, serta didasarkan pada inovasi yang bertanggung jawab, serta menghormati aspek lingkungan dan kemanusiaan.
Mulai dari isu biodiversity, fair trade, produk yang eco-design, eco-responsibility, respek terhadap nilai dan komitmen, sampai dengan isu kesehatan; seluruh karyawan setiap harinya berkomitmen untuk mencapai pendekatan pertumbuhan berkelanjutan Grup L’Oreal.

3.        STRATEGI PEMASARAN

a.      Memuaskan Pelanggan (Produk;harga)
L’Oreal Group dikenal untuk inovasi mereka yang terus menerus untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang mereka tawarkan kepada konsumen mereka. Bagian dari rencana strategis mereka adalah untuk memenuhi kepentingan pelanggan mereka, dengan kata lain, kepuasan pelanggan.
Melalui memberikan berbagai macam produk, konsumen memiliki gamut seluruh produk dan jasa yang mereka dapat memilih dan yang paling melayani preferensi mereka. Kisaran harga mereka melayani tuntutan perempuan, dari yang lebih muda untuk penuaan, dari makmur bagi mereka dengan anggaran yang lebih rendah untuk produk kosmetik. Melalui penelitian konstan dan semangat untuk inovasi, L'Oreal Group terbaik melayani tuntutan perempuan budaya yang berbeda. Perusahaan juga melihat itu bahwa mereka tahu trend terbaru, atau lebih baik lagi, menciptakan tren di pasar untuk menarik lebih banyak konsumen.
b.      Pengendalian Perusahaan
Sebuah aspek yang sangat penting dalam keberhasilan perusahaan adalah bagaimana para pemimpin mereka menangani dan menjalankan bisnis. Bahkan, L'Oreal Group sangat khusus dalam tata kelola Perusahaan. Dewan Direksi dan anggota Dewan sangat menyadari semua tugas yang dibutuhkan oleh masing-masing fungsi dan misi kolektif mereka, karena di tangan mereka bahwa Perseroan tergantung pada masa depan. Para anggota Dewan juga berkewajiban untuk bertindak dengan hati-hati dan perhatian karena tugas mereka untuk melaksanakan tanggung jawab mereka. Juga diharapkan dari Dewan adalah orientasi strategis kontrol dan benar menjalankan Perusahaan. Setiap transaksi Anggota Dewan dapat langsung mempengaruhi L'Oreal dan kelompok sehingga mereka diharapkan untuk bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan dari mereka.
c.       Worldwide Pemasaran (Tempat Distribusi; Promosi)
Bagian dari Grup Oreal L'rencana strategis adalah pemasaran produk-produk mereka. Dari mekar dari L'Oreal selama tahap utama, Perusahaan telah melayani kebutuhan perempuan di seluruh dunia. Sejalan dengan ini, mereka juga sangat menyadari keberagaman perempuan di seluruh dunia. Bagian dari strategi ini adalah untuk merumuskan produk yang sesuai dengan perempuan lain dari bagian lain dunia.
Melalui penelitian dan pengembangan produk mereka, kelompok L'Oreal telah menutupi sebagian besar dunia dan masih mendapat peringkat persetujuan yang tinggi dari klien mereka. Baru-baru ini, L'Oreal Groups menerima Keanekaragaman Praktik Terbaik 2004 Global Leadership Award untuk merangkul keragaman, tidak hanya pada karyawan mereka, tetapi juga di konsumen mereka (Anonymous, 2004). Perusahaan mengambil pertimbangan perempuan warna sangat dihargai oleh konsumen untuk mereka juga diberi kesempatan untuk meningkatkan fitur mereka dan merangkul keragaman mereka tanpa harus sesuai dengan konsep tradisional kecantikan, khususnya wanita Kaukasia putih. L'Oreal Grup juga memiliki karyawan yang dianggap minoritas, seperti perempuan dan orang kulit berwarna. Senilai masyarakat budaya dan ide-ide penting untuk L'Oreal Group, dalam rangka terbaik untuk melayani kepentingan konsumen, karyawan dan Perusahaan.
d.      Prima Periklanan (Promosi)
Selama hari-hari awal iklan, L'Oreal ditugaskan poster promosi dari berbagai seniman grafis untuk mempublikasikan produk-produk Perusahaan. 1950-an membawa sebuah media iklan baru, terutama film-film. L'Oreal membuat debut di layar selama periode ini dan pada 1953 memenangkan penghargaan Oscar iklan, yang pertama dalam serangkaian panjang penghargaan. Hari ini, L'Oreal mengambil aktris atau kepribadian yang berbeda dari segala usia yang memancarkan terbaik visi Perusahaan. Terkenal kepribadian rata-rata memungkinkan individu untuk berhubungan dengan kehidupan pribadi mereka, bahwa mereka dapat melihat baik, dan menjamin penjualan yang lebih tinggi.

4.        MASALAH ETIKA
Ada dua isu etis yang akan menjadi perhatian khusus dalam analisis ini. Yang pertama dibahas adalah iklan dan promosi dari L'Oreal Group menggunakan gambar yang indah perempuan tradisional. Masalah di sini adalah apakah iklan-iklan dari kelompok L'Oreal, sementara itu tidak menarik banyak konsumen, mempengaruhi pembeli melihat keindahan dan apa yang dia harus lakukan untuk mencapai tingkat keindahan. Blair (1994) menyatakan bahwa konteks periklanan penampil perempuan terus dipaksa untuk melihat dirinya sendiri melalui mata laki-laki secara tradisional, sesuai sejarah pribadi dan tubuhnya ke dalam bahwa uang-membuat membangun dikenal sebagai "perempuan." Analisis iklan untuk dan tentang wanita menunjukkan kewanitaan yang terus menjadi salah satu kapitalisme yang paling berharga komoditas konsumen, penjualan serta mobil, rokok, dan alkohol, meskipun tentu citra tubuh perempuan digunakan untuk menjual produk-produk ini juga. Keindahan wanita lebih banyak, semakin banyak orang akan merespon iklan. Ada kemungkinan lebih besar bahwa konsumen wanita akan merespon iklan dengan model menarik karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, keyakinan bahwa pada titik tertentu ia akan mencapai kulit bercahaya sama atau kulit mulus seperti selebriti atau model dalam iklan. Iklan tersebut kemudian berfungsi sebagai gambar dari respon positif terhadap kecantikannya, terutama dengan lawan jenis. Melalui mencapai penampilan fisik yang indah, seperti iklan, perempuan akan mendapatkan lebih banyak cinta, hormat dan kekuasaan. Hal ini menimbulkan sebagai masalah mungkin untuk L'Oreal Group. Meskipun tak terelakkan bahwa Perusahaan menggunakan konsep wanita cantik, mereka juga harus mulai berpikir tentang menjadi lebih etis bertanggung jawab atas apa yang mereka datang dengan. Mungkin, ini ditunjukkan dalam salah satu iklan mereka di mana mereka digambarkan wanita usia semua berpose untuk produk mereka. Dari pandangan ini, L'Oreal bisa dikatakan membuat upaya dalam menentang konsep kecantikan muda, bukan konseptualisasi kecantikan awet muda. Dengan demikian akan membantu untuk mengutip Moore (2004) sebagai pengingat bagi pengiklan: "Iklan bukan hanya tentang hal-hal yang kita beli. Begitulah cara kita merasa tentang hal, termasuk diri kita sendiri. Itulah yang membuat menarik juga. ", L'Oreal membuat upaya untuk menghindari pandangan umum pada perempuan dengan memberi perempuan di bidang sains. Lima wanita diberikan oleh L'Oreal-UNESCO for Women in Science Awards yang dibedakan karir di ilmu material telah memberikan kontribusi yang besar untuk memajukan pemahaman kita tentang dunia dan cara kerjanya Oreal's. L'ditembak pada perempuan memberikan tempat yang lebih di bidang yang didominasi oleh laki-laki jelas merupakan upaya pada bagian mereka untuk mengubah citra perempuan sebagai lebih dari objek kecantikan. lain masalah etika yang dapat diajukan adalah pada uji binatang.. tinggi Meskipun hal kualitas, L'Oreal adalah kelima kosmetik untuk perusahaan yang telah memutuskan untuk menghentikan percobaan hewan praktek ini dihentikan pada bulan Oktober 1993 (Emert, 1994). L'Oreal ditinggalkan pengujian hewan setelah empat tahun surat-menulis, demonstrasi dan iklan ditujukan untuk perusahaan. Orang-orang untuk Etika Perlakuan Hewan (PETA) terkunci dalam negosiasi tenang dengan sejumlah perusahaan yang mungkin memikirkan kembali kebijakan mereka sejak pengujian Paris berbasis-raksasa kosmetik L'Oreal sepakat untuk melakukan uji Oktober binatang larangan.. Hal ini menunjukkan pengaruh L'Oreal pada keputusan etis perusahaan lain juga, L'Oreal Group keputusan itu akan mengangkat citra mereka dan bahkan lebih menarik konsumen. Mungkin, L'Oreal memang telah menjadi perusahaan yang sukses. Ada beberapa jatuh punggung yang telah disebutkan seperti margin keuntungan yang rendah, struktur organisasi yang terdesentralisasi dan bahkan meningkatnya kompetisi di pasar kosmetik Oreal. L'kemudian harus tempat yang lebih upaya untuk dapat menjangkau konsumen mereka. Perseroan telah menunjukan ketahanan dan mungkin itu akan berisiko, tetapi bermanfaat untuk mencoba pendekatan yang lebih seragam dalam iklan mereka. Selain itu, akan sangat membantu untuk memperluas advokasi mereka untuk kaum minpritas dan kelompok orang tertindas.

5.        ANALISA SWOT PERUSAHAN L’OREAL
1.      Kekuatan (Strenght)
Keberhasilan berlangsung dari L'Oreal Group tanpa kalau bukan karena kecerdikan konsep visi mereka sebagai sebuah tim. L'Oreal Chairman dan CEO Lindsay Owen-Jones menganggap gairah sebagai kunci keberhasilan baik-terkenal dari kata Perusahaan. Kekuatan utama dari Perusahaan adalah melanjutkan penelitian dan inovasi dalam keindahan bunga yang menjamin bahwa Kosmetik L'Oreal menawarkan yang terbaik untuk konsumen mereka. Dedikasi mereka untuk penelitian mereka yang terus menerus membuat mereka pemimpin dalam industri kosmetik tumbuh meskipun persaingan di pasar.
Kekuatan lain Grup L'Oreal adalah kegiatan dikembangkan di bidang kosmetik serta dalam dermatologis dan pharmace utical bidang dalam rangka untuk menempatkan konsentrasi lebih dalam kegiatan-kegiatan khusus mereka. Kegiatan kosmetik dari L'Oreal dibagi menjadi lima kelompok. Pertama adalah Divisi Produk Konsumen yang meliputi seluruh merek yang didistribusikan melalui pasar-saluran massa, memastikan bahwa kualitas L'Oreal tersedia dengan jumlah maksimum konsumen. Divisi Produk Mewah termasuk merek-merek internasional bergengsi selektif didistribusikan melalui minyak wangi, department store, dan toko bebas bea. Divisi Produk Profesional menawarkan produk haircare spesifik untuk digunakan oleh penata rambut profesional dan produk yang dijual secara eksklusif melalui salon rambut. Departemen Kosmetik Aktif menciptakan dan pasar produk untuk distribusi selektif melalui apotek dan kesehatan spesialis dan outlet kecantikan. Group Oreal L'dermatologis kegiatan yang terkait dengan Galderma, yang pada dasarnya merupakan perusahaan dermatologis yang memberikan kontribusi untuk inovasi dari L'Oreal Group produk. Kegiatan farmasi dari L'Oreal juga ditangani oleh Sanofi-Aventis. Ini divisi dan subdivisi memastikan kualitas yang L'Oreal Group menawarkan kepada para pelanggannya. Untuk lebih menambah kekuatan dicacah perusahaan, L'Oreal's strategi iklan juga memainkan bagian penting untuk pertumbuhannya. Melalui beradaptasi dengan budaya dari target pasar mereka sebagai alat utama iklan mereka, Perusahaan membawa produk L'Oreal dalam jangkauan perempuan lain dari berbagai belahan dunia.

2.      Kelemahan (Weaknesses)
Mungkin salah satu kelemahan perusahaan besar yang dihadapi adalah struktur organisasi yang terdesentralisasi. Hal ini juga merupakan bagian dari L'Oreal kesulitan yang dihadapi. Karena banyak subdivisi Perusahaan, ada juga kesulitan dalam kontrol dari L'Oreal. Hal ini memperlambat produksi Perseroan karena kebutuhan memberikan referensi kepada anggota Dewan lainnya dan direksi Perusahaan. L'Oreal juga akan memiliki kesulitan dalam mencari tahu apa divisi bertanggung jawab untuk kemungkinan jebakan Perusahaan. Kelemahan lain yang L'Oreal wajah adalah laba mereka. Margin keuntungan L'Oreal adalah comparably rendah dibandingkan dengan saingan yang lebih kecil lainnya. Sementara proyek peningkatan L'Oreal tertentu dalam angka sebagai keuntungan mereka, hasilnya biasanya tidak memenuhi harapan (Sang, 2003). Mungkin, ini juga karena akhir iklan yang tinggi dan pemasaran serta lebar Perusahaan. Akhirnya, koordinasi dan pengendalian kegiatan dan citra di pasar dunia juga dipandang sebagai suatu kelemahan dalam bagian dari L'Oreal. Karena strategi pemasaran di seluruh dunia, ada juga dissimilarities membawa dalam kampanye produk L'Oreal untuk apa gambar mereka untuk proyek.

3.      Peluang (Oportunities)
L’Oreal perusahaan berkonsentrasi pada produk kosmetik yang meningkatkan perempuan dari segala usia. Meningkatnya permintaan untuk produk kecantikan L'Oreal memberikan kesempatan untuk fokus di bidang spesialisasi mereka, terutama pada tata rambut dan warna, perawatan kulit, kosmetika dan minyak wangi. Sebagai merek kosmetik terkemuka memberi mereka tepi untuk terkenal gambar mereka.
Peluang juga berasal dari pertumbuhan pasar mereka yang berkisar dari kaya, umur dan juga massa negara-negara maju. Kesempatan yang lain L'Oreal harus mengambil keuntungan dari pasar mereka adalah lebih besar pangsa karena berbagai paten yang dicatat oleh Perusahaan. Hal ini memungkinkan mereka untuk memiliki atas garis produk hanya untuk nama mereka dan karena itu akan menyebabkan pelanggan hanya kepada mereka karena mereka tidak bisa menemukan salah satu kata kosmetik di merek lain.

4.      Ancaman (Threaths)
Sebuah ancaman bagi kelompok L'Oreal juga meningkatnya kompetisi dalam bidang merek kosmetik. Karena penambahan berkesinambungan untuk bidang kosmetik, masih ada bahaya bahwa merek lain bisa melampaui keuntungan dari L'Oreal. Ancaman lain kepada Perusahaan adalah penurunan ekonomi yang cukup jelas di negara-negara lain. Tersebut sehingga bisa menyakiti kemungkinan laba yang lebih tinggi bagi perusahaan. Sebagian besar produk dari L'Oreal berada dalam jangkauan warga negara maju, tapi L'Oreal mungkin memiliki masalah menjangkau bahkan kepada orang-orang rata-rata dari negara-negara terbelakang. Juga merupakan ancaman bagi L'Oreal Group adalah kebiasaan pengeluaran konsumen dan krisis ekonomi yang sebagian besar negara mengalami sebagai yang hadir. Sedangkan L'Oreal Grup mungkin akan menghasilkan yang terbaik dari lini, orang dapat menemukan bahwa produk mereka tidak kebutuhan dasar mereka dan akan melewatkan membeli produk L'Oreal. Namun, dengan pertumbuhan pasar, kerusakan bisa jauh dari mengambil tempat.





3 komentar:

  1. Postingannya bagus kaka, boleh minta sumbernya gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di baca Buku Manajemen Strategi..Crafting and Executing Strategy, By Thmson/Peteraf and gambl, Tq

      Hapus
    2. Coba dibaca Buku Manajemen Strategi..Crafting and Executing Strategy, By Thmson/Peteraf and Gambl...Tq.

      Hapus